Review Kurikulum Prodi HES

Bersama Ketua Umum Posdhesi

Prestasi Mahasiswa HES

Mahasiswa HES Sebagai Pemustaka Terbaik

Mahasiswa Sebagai Presenter

Tiga Mahasiswa Prodi HES sebagai presenter pada ajang ICOLESS

Bersama HMPS HES

Jalin Koordinasi Bersama HMPS HES.

Peradilan Semu

Peradilan Semu pada program Praktik Kemahiran Hukum.

Rabu, 31 Juli 2024

Tiga Dosen Prodi HES Mengikuti Pelatihan Dewan Pengawas Syariah

Banjarmasin, 3 Agustus 2024 - Tiga dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) telah berhasil mengikuti pelatihan Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang diselenggarakan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) perwakilan Kalimantan Selatan.

Muhammad Amin, MH mengikuti Pelatihan Dasar Muamalah Maliyah dan Fatwa DSN-MUI pada tanggal 29-30 Juni 2024 di Kota Banjarmasin. Pelatihan ini merupakan tahapan yang wajib diikuti oleh calon DPS yang akan bertugas di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LBS (Lembaga Bisnis Syariah). Syarat untuk menjadi DPS Koperasi Syariah hanya memerlukan tahapan Pelatihan Dasar Pengawas Syariah ini.

Dr. Hj. Tri Hidayati MH dan Erry Fitrya Primadhany, MH turut serta dalam Pelatihan Dasar Pengawas Syariah pada tanggal 27-28 Juli 2024 di Kota Banjarmasin. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dasar kompetensi pengawas syariah kepada calon DPS dan/atau DPS Lembaga Keuangan/Bisnis Syariah. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan sertifikat kelulusan yang menjadi syarat untuk menjadi Pengawas Syariah di Lembaga Keuangan/Bisnis Syariah atau sebagai prasyarat mengikuti program sertifikasi Pengawas Syariah di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) MUI.





Ketiga dosen tersebut berhasil lulus dengan nilai memuaskan dan predikat amat baik setelah mengikuti post tes. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen para dosen dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pengawasan syariah di lingkungan akademis dan lembaga keuangan syariah.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kepercayaan terhadap pengawasan syariah di Indonesia, khususnya di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Jumat, 26 Juli 2024

Tenaga Kependidikan (Tendik) Fakultas Syariah Mengikuti Kegiatan Penatausahaan Perbendaharaan





Tenaga kependidikan (Tendik) dari Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya mengikuti kegiatan penatausahaan perbendaharaan program Pendidikan Islam yang berlangsung di Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 25-27 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan tendik dalam pengelolaan keuangan dan perbendaharaan, yang merupakan aspek penting dalam mendukung proses pendidikan di institusi mereka.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai perwakilan dari fakultas dan institusi pendidikan lainnya, yang bersama-sama membahas isu-isu terkini dalam pengelolaan perbendaharaan. Melalui pelatihan ini, diharapkan tendik dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan anggaran di lingkungan fakultas masing-masing.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan Islam, sehingga mereka dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.


Kamis, 25 Juli 2024

Layanan MIKWA Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya: Mahasiswa Kini Bisa Mengakses Secara Offline dan Online

         


Kamis, 25 Juli 2024

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa. Fakultas syariah membuat platform layanan administrasi dan akademik yang dinamakan Layak Fasya, ssehingga mahasiswa kini dapat menikmati kemudahan akses secara online maupun offline. Mahasiswa dapat mengurus berbagai keperluan secara langsung di kantor administrasi Fakultas Syariah. Mahasiswa bisa langsung ke MIKWA Fakultas Syariah untuk mendapatkan layanan pengurusan kartu rencana studi (KRS) Permintaan tanda tangan dosen untuk berbagai keperluan akademik, konsultasi dengan dosen mengenai masalah akademik, dan lain-lain. Mahasiswa juga dapat mengajukan judul untuk sidang judul di bagian TU agar selanjutnya bisa dimasukkan ke dalam whatsapp group untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Mengenai surat menyurat, Mahasiswa Fakultas Syariah sudah bisa memanfaatkan layanan administrasi dan akademik secara online melalui website layak fasya (https://layak-fasya.iainplk.ac.id) untuk mendapatkan surat seperti berikut :

  1. Surat keterangan aktif kuliah.
  2. Izin cuti akademik.
  3. Persetujuan pindah jurusan antar fakultas.
  4. Surat rekomendasi pindah kuliah.
  5. Persetujuan pindah jurusan/program studi.
  6. Surat pengantar observasi pra-penelitian.
  7. Surat izin penelitian.
  8. Surat pengantar selesai penelitian.
  9. Izin/dispensasi akademik.
  10. Surat keterangan lulus.

Untuk mengakses layanan tersebut, mahasiswa perlu membuat akun di website Layak Fasya. Setelah mengikuti langkah-langkah yang ada di web, surat yang sudah jadi dapat diambil setelah menerima pemberitahuan melalui WhatsApp. Dengan berbagai peningkatan ini, IAIN Palangka Raya berharap dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan menciptakan lingkungan akademik yang lebih baik dan kondusif.


 

Penataan Lingkungan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya: Langkah Baru Menuju Kampus Hijau

 



Kamis, 25 Juli 2024

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya telah meluncurkan program penataan lingkungan di Fakultas Syariah yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih hijau, bersih, dan nyaman. Program ini merupakan bagian dari inisiatif berkelanjtan IAIN Palangka Raya untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan mahasiswa serta staf.

Para pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan Fakultas Syariah mengadakan penataan lingkungan di gedung perkantoran FSYA. Menurut Dekan Fakultas Syariah, kegiatan ini untuk membentuk lingkungan yang asri. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjalin keakraban di lingkungan dosen dan tendik di lingkungan FSYA. Sejumlah mahasiswa pun turut dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Program penataan lingkungan ini mencakup beberapa unisiatif utama, di antaranya penanaman pohon dan taman di area sekitar Fakultas Syariah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara dan memberikan suasana yang lebih segar bagi seluruh civitas akademika.

Kemudian pengelolaan sampah yang lebih baik, termasuk penyediaan tempat sampah terpisah untuk sampah organic dan non-organik serta edukasi tentang pentingnya daur ulang. Juga kampanye kebersihan yaitu kegiatan rutin ini untuk membersihkan lingkungan kampus dengan melibatkan mahasiswa, dosen, dan staf, sehingga menciptakan budaya kebersihan yang berkelanjutan.

Kamis, 04 Juli 2024

PKM Internasional oleh Dosen Fakultas Syariah di Jamiah Islam Syeikh Daud Al-Fathoni (JISDA), Yala, Thailand

Yala, Thailand - Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat internasional, dosen Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Dr. Surya Sukti, MA, seorang dosen dari Fakultas Syariah, menyampaikan materi terkait isu-isu hukum kontemporer yang sedang hangat diperbincangkan di dunia Islam. Dalam sesi tersebut, beliau membahas bagaimana perkembangan hukum Islam dapat beradaptasi dengan tantangan zaman tanpa meninggalkan nilai-nilai dasar yang telah ditetapkan syariah. 



Di sisi lain, Dr. Ali Murtadho Emzaed, M.H, juga turut serta dalam kegiatan tersebut dengan menyampaikan materi di hadapan ratusan santri dan santriwati Ma’had Al-Bi’that. Beliau memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pendidikan  yang kokoh sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat di era modern ini. 



Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga memperkuat hubungan akademis dan budaya antara Indonesia dan Thailand, khususnya dalam bidang pendidikan Islam. Para peserta terlihat antusias dan terlibat aktif dalam diskusi yang dipandu oleh kedua narasumber tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tercipta sinergi yang lebih baik antara kedua negara dalam pengembangan studi hukum Islam serta penerapannya di tengah masyarakat global yang semakin dinamis.